Informasi

Buat Interior Anti-mainstream Dengan Pilihan Lantai Berikut

Mungkin Anda tidak terlalu memikirkan akan menggunakan lantai seperti apa rumah Anda nanti. Padahal lantai yang berbeda sangat penting untuk menentukan fungsi ruangan. Tidak mungkin kita akan memasang lantai yang licin di kamar mandi, atau membuat lantai kayu rusak karena terus terkena hujan dan terik matahari. Karena itu, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan  seperti cara pemasangan, karakter dari materialnya, daya tahan terhadap cuaca sampai kekurangan lain yang ada pada material pembuat lantai. Terkadang biaya juga bisa menjadi salah satu pertimbangan. Untuk itu, mari kita simak bersama berbagai desain lantai berikut.

Lantai Porselin atau Keramik

Lantai yang satu ini biasanya menjadi pilihan utama orang banyak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pilihan, mulai dari tekstur, ukuran, kualitas, dan desain yang membuatnya cocok untuk berbagai gaya interior.

Anda juga bisa menyesuaikan warna yang ada, seperti warna solid hingga yang memiliki tekstur dan pola. Pemilihan tersebut juga harus memperhatikan kebutuhan. Jika Anda ingin memasang keramik di kamar mandi, pastikan memilih tekstur yang kasar agar tidak licin.

Namun pastikan pemasangan keramik harus tepat karena bisa saja pecah atau terangkat. Perhatikan warna agar tidak belang jika terpasang di bidang lantai yang besar. Warna belang memang menjadi permasalahan klasik dari keramik karena proses pembuatannya berbeda, bisa saja terjadi perbedaan warna meski dalam satu varian.

Lantai Semen

Penggunaan material mentah mungkin kini sedang populer. Begitu juga dengan lantai meski desain dari semen terbilang ekonomis. Meski begitu, desain lantai semen bisa menjadi lebih elegan dan modern. Tentu harus dibarengi dengan pengerjaan yang benar dan perhatian ekstra.

Pastikan dalam membuat lantai semen tidak sampai bergelombang. Perhatikan juga material semen harus sama agar tidak terjadi perbedaan warna dan munculnya keretakan.

Lantai Batu Alam

Batu alam menjadi material yang tepat jika menginginkan desain yang berkesan elegan dalam interior. Ada beberapa jenis yang bisa dipilih, seperti marmer, onix, dan granit. Ketiganya tentu memiliki pola dan karakter yang berbeda.

Batu marmer memiliki ciri adanya pola guratan dan dibandingkan granit dan onix lebih porus. Karena hal tersebut, marmer sangat rentan ternoda jika terkena kotoran atau air. Penggunaan marmer bisa pada ruang yang jarang ada aktivitas berkaitan dengan cairan.

Batu onyx memiliki pola guratan seperti marmer dan ada warna keemasan. Batu ini bisa tembus cahaya dan biasanya digunakan sebagai bahan dekorasi dinding daripada untuk lantai.

Sedangkan batu granit merupakan baru yang solid sehingga cocok untuk ruangan yang sering terkena air. Batu granit memiliki pola berbintik yang menimbulkan kesan natural.

Berbeda jenis batu, tentu berbeda pula jenis perawatannya. Selain perlunya coating di akhir pengerjaan, saat  membersihkannya seperti mengelap dan mengepel juga perlu cairan khusus. Batu juga perlu dipoles ulang dalam beberapa tahun agar tidak kusam.

Lantai Parket

Parket bisa memberikan kesan alami dan elegan. Selain itu, lantai parket juga bisa memberikan kehangatan dan lebih nyaman. Pemasangannya juga cukup mudah namun kurang tahan terhadap panas dan air karena bahan dasarnya terbuat dari kayu. Bukan pilihan yang tepat untuk memasangnya sebagai lantai outdoor.

Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan lantai yang cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan kelebihan dari lantai parket namun tanpa dibarengi kerepotannya. Lantai vinyl sendiri hadir dalam berbagai pola. Pola lantai parket merupakan yang populer, namun warna solid juga tidak kalah menarik.

Tidak seperti parket, lantai vinyl tahan terhadap air sehingga tidak perlu khawatir jika terkena tumpahan. Namun jangan terlalu sering memindahkan perabot berat dengan cara digeser karena akan merusak lantai ini karena pemasangannya yang hanya ditempel.

Selain berbagai lantai di atas, Anda juga bisa menggunakan lantai kayu yang berbahan dasar kayu mentah yang memberikan kesan natural, atau lantai karpet yang sangat nyaman ditapaki. Pemilihan jenis lantai juga harus sesuai dengan fungsi ruangan. Jika Anda sudah paham, silahkan ciptakan desain lantai terbaik untuk berbagai ruangan dalam rumah Anda.