Informasi

Pahami Tips Berikut Agar Ruang Tamu Anda Menarik

Kesan pertama dari keseluruhan rumah biasanya ada pada desain ruang tamu. Jika ruang tamu didesain dengan apik tentu akan memberikan kesan bagus bagi keseluruhan ruangan yang ada. Jadi jangan pernah menyepelekan bagaimana desain ruang tamu rumah Anda. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menata ruang tamu agar terlihat apik, berikut ini Anda akan mengetahui beberapa rahasianya.

 

Menata Ruang Tamu dari Perabot

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menata ruang tamu adalah dengan memperhatikan apa saja perabot yang dibutuhkan. Setiap orang tentu memiliki gayanya sendiri dalam kebutuhan perabot untuk ruang tamu. Mereka yang sering bersosialisasi dan yang jarang tentu akan berbeda kebutuhannya karena jumlah intensitas tamu juga berbeda.

Meski setiap ruang tamu berbeda, tentu ada juga perabot wajib yang harus ada di ruang tamu. Seperti contoh furniture kursi dan meja, tempat penyimpanan dan lainnya.

  • Tempat Duduk

Tempat duduk tentu menjadi perabot wajib yang harus ada. Namun pemilihannya tentu harus memperhatikan kebutuhan. Jika Anda menginginkan ruang tamu yang nyaman dan bisa digunakan untuk menghabiskan waktu lama, maka sofa menjadi pilihan yang tepat karena kenyamanannya. Jika Anda hanya membutuhkan ruang tamu sebagai pelengkap dan jarang digunakan, maka Anda bisa memilih kursi minimalis.

  • Meja

Kehadiran meja di ruang tamu sangatlah penting. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa perabot ini hanya akan mempersempit ruang, tapi dengan pemilihan yang tepat tentu tidak akan demikian. Pilihlah meja ukuran kecil yang bisa digunakan untuk menyajikan suguhan pada tamu.

  • Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan juga bisa ditambahkan pada ruang tamu Anda. Anda bisa menggunakan lemari kecil. Jika ruangan terbatas, Anda bisa memilih kursi atau meja yang dilengkapi kabinet atau laci. Kehadiran tempat penyimpanan di ruang tamu akan membuat ruangan tetap terlihat rapi.

  • Tambahan

Jika semua perabot di atas sudah lengkap, mungkin Anda bisa menambahkan perabot lain yang disesuaikan dengan kebutuhan. Mungkin bisa menambahkan TV jika Anda sering menonton di ruang tamu.

baca juga : Buat Interior Anti-mainstream Dengan Pilihan Lantai Berikut

 

Memilih Warna dan Pola Pada Dinding

Menata ruang tamu tentu juga harus memperhatikan pemilihan warna dan pola pada dinding. Pemilihan warna dan pola menjadi sangat penting karena hal tersebut menjadi yang paling dominan dan sudah pasti bisa mempengaruhi atmosfer hingga suasana dalam ruang tamu.

Jika ruang tamu Anda sering digunakan sebagai tempat menghabiskan waktu dan bercengkerama dengan tamu atau keluarga, maka penataan yang tepat adalah dengan mengurangi warna terang dan juga pola pada dinding yang terlalu berlebihan. Jika tidak maka akan memberikan kesan keras dan membuat mata cepat lelah. Pilihlah warna yang lebih agar tetap bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Jika ruang tamu hanya sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan warna yang ekspresif dan memberikan pola yang lebih berani. Anda juga bisa menggunakan warna dan pola kesukaan Anda jika perlu.

Memilih Material Lantai yang Cocok dan nyaman

Agar ruang tamu Anda terasa nyaman, pilihlah material lantai yang hangat tapi tidak terlalu keras. Pada umumnya material vynil dan parket bisa menjadi pilihan. Namun bisa juga menggunakan material marmer atau material keras lain untuk menghadirkan kesan mewah. Anda juga bisa menambahkan karpet untuk menambahkan kenyamanan.

baca juga : Ketahuilah Jenis Lantai Ini Sebelum Anda Membelinya

 

Mengatur Pencahayaan

Fungsi pencahayaan pada ruang tamu tidak hanya untuk menerangi atau memudahkan aktivitas, tapi bisa juga untuk menghidupkan suasana. Jika ruang tamu digunakan sebagai tempat beraktivitas berat semacam membaca atau berdiskusi, pastikan pencahayaannya terang. Gunakan lampu terang berwarna putih.

Menggunakan Dekorasi Tambahan

Dekorasi tambahan tentu bisa menambahkan kesan nyaman, seperti contoh karpet atau bantal sofa. Anda juga bisa menambahkan ornamen lain seperti patung, guci, atau lukisan yang bisa menambah estetika visual ruang tamu Anda.

Jika Anda sudah memahami bagaimana cara menata ruang tamu dengan memperhatikan beberapa hal seperti di atas, tentu Anda tidak akan kesulitan menentukan akan bagaimana ruang tamu Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan agar nanti ruang tamu Anda bisa digunakan secara maksimal.