Informasi

Tips Membuat Lantai Kayu Tetap Cantik dan Indah

Pengaplikasian lantai kayu biasanya dilakukan orang agar mendapatkan kesan natural dalam interior rumahnya. Lantai kayu memang cocok dipilih jika Anda ingin suasana rumah Anda terasa nyaman dan ada rasa hangat. Begitu juga perawatannya yang mudah sehingga tidak perlu repot membersihkannya.  Namun perlu diingat bahwa setiap jenis kayu berbeda sehingga perlu perlakuan yang berbeda pula.

 

Keuntungan Menggunakan Lantai Kayu

Lantai kayu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bisa menimbulkan kesan indah, nyaman, hangat, dan natural. Tidak hanya kesan tersebut yang menjadi kelebihannya, perawatannya atau kebersihannya sangat mudah. Cukup gunakan penyedot debu atau dipel menggunakan kain pel. Anda juga bisa menggunakan sapu untuk membersihkan debunya.

Jika menggunakan sapu, pastikan untuk menyapu sesuai arah lantai kayu. Hal ini dimaksudkan agar kotoran bisa dibersihkan dengan mudah dan terangkat semua. Jika terdapat noda atau terkena tumpahan cairan seperti kopi dan lainnya, Anda bisa gunakan sabun pel atau campuran cuka. Caranya cukup mudah dan bisa dicari sendiri.

baca juga : Ketahuilah Jenis Lantai Ini Sebelum Anda Membelinya

 

Tips Mempercantik Lantai Kayu

  • Agar lantai kayu Anda terlihat berbeda, Anda bisa mewarnainya dengan menggunakan cat kayu. Anda bisa memberikan warna putih agar menampilkan kesan ruangan yang bersih dan luas, warna abu-abu muda memberikan sentuhan skandinavia, atau hitam agar terlihat keren. Jika Anda memilih warna hitam, pastikan dinding Anda berwarna terang karena warna gelap akan memberikan kesan gelap.
  • Jika ingin lantai kayu Anda tetap mulus mengkilap, gunakan pernis lantai kayu. Bahan polyurethane dalam pernis akan membuat lantai kayu Anda terlapisi sehingga tahan terhadap air. Kelemahan dari pernis lantai kayu adalah jika tergores maka lantai harus kembali dilapisi pernis secara keseluruhan.
  • Anda juga bisa menambahkan lapisan wax jika menginginkan lantai kayu yang terlihat tua sehingga nampak elegan atau antik. Dalam lapisan wax terdapat minyak dari biji bunga matahari yang memiliki fungsi untuk melindungi tekstur pada lapisan kayu. Jika Anda ingin warna yang lebih muda, Anda bisa mencampurkan wax dengan pewarna putih. Campuran tersebut nantinya akan memberikan warna glossy, satin, maupun matte.
  • Perhatikan juga perabot yang ada dalam ruangan. Anda bisa memilih perabot yang memiliki warna kontras dengan warna yang ada pada lantai kayu Anda. Agar kesan klasik atau vintage yang dimiliki lantai kayu semakin terlihat, pilihlah perabot yang bergaya vintage juga. Contoh perabot yang cocok seperti dominasi perabot kayu, tempat penyimpanan dari kayu, gorden dengan warna putih yang polos dengan renda atau yang lainnya. Dengan begitu Anda akan memberikan sentuhan gaya klasik yang alami, indah dan serasa rumah milik bangsawan.

Selain lantai kayu yang terbuat dari kayu alami, ada juga lantai kayu yang terbuat dari bahan sintetis. Lantai tersebut nantinya akan terlihat seperti lantai kayu pada umumnya, namun merupakan tipe laminasi. Lantai ini justru lebih awet dan perawatannya juga lebih mudah daripada lantai kayu alami.

Jika Anda tetap menginginkan lantai kayu untuk rumah Anda, maka Anda bebas berkreasi dengan lantai Anda tersebut. Anda bisa memberikan warna yang diinginkan, atau bisa juga menambahkan pola yang unik agar ruangan Anda memiliki karakteristik tersendiri. Jangan ragu untuk berkreasi pada lantai kayu Anda.

Itulah berbagai hal mengenai perawatan lantai kayu agar tetap terlihat indah dan cantik. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga masukan bagi Anda.